Tips Belanja Online Aman Dari Penipuan

 

tips belanja online amanSaat ini memang tren belanja online atau belanja via internet. Seiring dengan bertumbuhnya marketplace di Indonesia. Namun banyak pula tren belanja online ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dengan melakukan aksi penipuan online. Dengan modus membuat website marketplace atau dengan cara-cara yang lain.

Lalu bagaimana tips belanja online aman dari penipuan? Berikut ini ada beberapa tips belanja online aman agar para pelanggan terhindar dari berbagai jenis penipuan saat berbelanja online di Internet.

Gunakan Komputer / Gadget Pribadi

Gunakanlah komputer / gadget pribadi untuk bertransaksi, jangan memakai komputer umum seperti komputer warnet. Usakan  PC harus mempunyai antivirus atau/ anti spyware dan firewall.

Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja

Riset ini mulai dari periksa nomor telepon si penjual,  Cek identitas toko online lebih detail mulai dari alamat email, No Telp / HP, LINE, Facebook, Twitter dan BBM apakah masih aktif atau tidak. Anda juga bisa cek melalui mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu.Cari ulasan dari konsumen mereka, jika tidak beres anda harus cari toko online yang lain.

Fasilitas SSL di Website Toko Online

Pastikan website toko online tersebut mempunyai tanda aman berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser atau yang disebut dasilitas SSL ( Secure Sockets Layer ). Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, lebih aman.

Baca Cara belanja Dan FAQ

Anda wajib baca dulu cara belanja dan peraturan-peraturan pada toko online yang biasanya terdapat pada cara berbelanja dan FAQ.

Jangan Tergoda Barang Harga Murah

Jangan buru-buru langsung pilih tawaran barang harga murah yang datang dari e-mai atau tergiur harga murah yang tak masuk akal yang datang melalui email ataupun spam pesan sosmed.

Perhatikan Metode Pembayaran

Pembayaran biasanya dilakukan dengan transfer langsung ke rekening pemilik toko online ataupun menggunakan kartu kredit. Dengan kartu kredit, punya bukti kuat telah  bertransaksi kalau barang tak diantar alias tak sesuai pesanan. Tapi, sebab tak sedikitnya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan memakai sistem semacam PayPal, Transfer Kirim, alias COD boleh dipertimbangkan.

Mintalah Mengasuransikan Barang

Jika beberlanja dengan jumlah besar atau barang beresiko mintalah untuk mengasuransikan pengiriman. Layanan asuransi barang biasanya sudah disediakan oleh jasa ekspedisi seperti via Tiki/JNE dengan  tambahan biaya sedikit.

Periksa harga total Dan Simpan Bukti Transaksi

Telitilah jumlah total yang harus anda bayar untuk membeli produk tersebut pastikan sudah benar dan jelas. Semisal ada tambahan biaya lain-lain maka harus tertera pada invoice. Setelah melakukan transfer pembelian barang harap simpan bukti transaksi.

Demikian panduan singkat untuk tips belanja online aman dari penipuan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *