Menjelajahi Kawasan Wisata Mangunan, Yogyakarta

Saat ini pemerintah daerah Bantul bersama-sama dengan warga masyarakat mulai memberi perhatian lebih dan mulai mengembangkan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing. Dengan segala kelebihan dan keunikan yang ada, mereka mulai menata dan membangunan fasilitas di tempat-tempat objek wisata dan juga memperbaiki akses jalan untuk mempermudah wisatawan datang ke objek wisata tersebut. Saat ini usaha mereka pun bisa dianggap berhasil. Hal ini bisa di lihat dari banyaknya objek-objek wisata baru yang bermunculan di Kabupaten Bantul salah satu yang terkenal adalah kawasan wisata Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Kawasan ini telah menjadi tujuan wisata oleh para wisatawan baik lokal maupun yang datang dari luar Jogja. Sebut saja: Puncak Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, Tebing Watu Mabur dan masih banyak lagi. Di artikel ini kami akan membahasnya secara singkat dan padat sebagai tambahan informasi bagi para wisatawan yang ingin wisata murah di Jogja:

  1. Puncak Mangunan

wisata murah jogja kebun-buah-mangunan-1Sebuah puncak bukit yang ada di kawasan Mangunan ini menjadi primadona bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Jogja. Puncak mangunan atau terkenal dengan sebutan Kebun Buah Mangunan membuat kawasan ini menjadi alternatif liburan di kawasan ini yang sebelumnya hanya mengenal Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri yang lokasinya berdekatan.

 Dengan hadirnya objek wisata ini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang ada di tempat ini. Puncak Mangunan menawarkan pemandangan yang spektakuler. Wisatawan serasa berada di tengah-tengah hutan Kalimantan atau Papua yang mana bisa memandang hijaunya daratan yang tampak seperti hutan belantara dan melihat sungai Oya yang meliuk-liuk dari atas bukit. Terdapat beberapa gardu pandang yang biasa digunakan untuk berfoto ria namun tempat favorit bagi para wisatawan adalah di bagian bukit yang latarnya adalah Kali Oyo dan hutan yang menyelimutinya.

  1. Hutan Pinus Mangunan

wisata murah hutan pinus mangunan jogjaMasih berada di kawasan Mangunan, terdapat sebuah objek wisata yang juga populer dan menjadi favorit bagi para wisatawan yaitu Hutan Pinus Mangunan. Awalnya kawasan ini merupakan kawasan hutan milik Resort Pengelola Hutan Mangunan yang kemudian dibersihkan dan dimanfaatkan sebagai kawasan wisata alam. Setelah dibersihkan kemudian kawasan hutan ini dibangun fasilitas-fasilitas penunjang seperti kamar mandi, toilet dan juga tempat ibadah. Tidak lupa tempat untuk para pedagang juga dibangun disini.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan khususnya di hari libur. Mereka datang untuk menikmati kesegaram udara yang bebas dari polusi seta bersantai dan menikmati tenangnya kawasan hutan yang jauh dari keramaian kota. Waktu terbaik untuk datang ke hutan ini adalah saat pagi hingga siang hari dimana sinar matahari yang menyinari pohon-pohon pinus yang ada di hutan cahayanya menerobos sela-sela dedauan sehingga menghasilkan pamandangan yang dramatis.

  1. Tebing Watu Mabur

wisata murah jogja watu-maburKawasan yang dibuka pada Juni 2015 ini mulai dilirik oleh para wisatawan dari dalam maupun luar Jogja. Walau belum seterkenal kedua objek diatas namun tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah indahnya. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati pamandangan alam berupa bebukitan yang berjejeran, aliran air sungai yang indah dan juga dapat melihat hamparan sawah yang hijau.

Kawasan ini merupakan favorit bagi para pencinta alam yang gemar berkema di alam terbuka. Hal tersebut dikarenakan pemandangan saat di pagi hari sangatlah spektakuler dimana alam masih diselimuti kabut tebal sehingga seakan-akan wisatawan berada di atas awan. Kabut tebal dan juga pemandangan terbitnya matahari merupakan suguhan utama di tempat ini yang sayang untuk dilewatkan.

Demikan tempat-tempat wisata yang ada di kawasan Mangunan. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda sekalian yang ingin berkunjung ke Jogja dan mencari tempat-tempat wisata alternatif. Tentu saja masih banyak tempat wisata menarik laiinya di kawasan ini dan akan kami bahas dilain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *