Kesalahan-Kesalahan Dalam Teknik SEO

belajar-seo

Kesalahan dalam teknik SEO akan berakibat fatal dalam bisnis online. Bisnis online memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Siapapun kini bisa memanfaatkan website toko online untuk menjual berbagai produk. Dengan memiliki sebuah website toko online, kita bebas menjual barang atau produk apa saja yang menghasilkan profit.

Toko online juga membutuhkan peralatan seperti halnya toko offline untuk menunjang pemasaran dan meningkatkan penjualan produk. Para pebisnis online sering menyebutnya dengan tool. Dan ribuan tool tersedia di internet untuk mendukung kinerja website.

Banyak pebisnis online pemula ketika membuat toko online terkesan asal-asalan. Karena ketidaktahuan dalam mengelola website akhirnya tidak membuahkan hasil berupa order atau pemesanan jasa / produk. Salah satu kesalahan dasar dan belum dipahami oleh pebisnis online pemula yaitu terkait SEO ( Search Engine Optimization ).

Kesalahan dalam optimasi website akan berakibat fatal dan bisa-bisa website kita kena pinalty oleh Google. Jika sudah kenal penalty Google maka website tidak bisa dipulihkan dan tak bisa mendominasi di halaman pencarian Google. Maka perlu berhati-hati ketika melakukan optimasi sebuah website baik web toko online maupun penawaran jasa lainnya.

Mempublish Konten Yang Tidak Relevan

Salah satu kesalahan dalam optimasi website adalah tidak relevannya Konten website. Dan ini berakibat buruk bagi SEO. Tujuan Konten adalah untuk mendatangkan lonjakan trafik, namun konten yang tidak relevan justru akan menghancurkan konten-konten lainnya. Karena tidak reevan, SEO bukan mengabaikan irrelevant untuk konten tersebut, justru memperluas topik pembahasan dan mempersulit penguatan density keyword.

Konten yang baik sangat mengacu pada relevansi dan keyword density yang perlu diperhatikan dengan serius. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk fokus pada materi yang akan Anda bahas.Dan ini penting dalam pembuatan konten yang menarik tapi fokus pada pokok permasalahan.

Singkirkan Komentar Spam

Jika web atau toko online kita terdapat fasilitas komentar, sebaiknya selalu pantau dan cek setiap komentar yang masuk. Biasanya terdapat pelaku komentar hanya berkomentar tanpa melihat apa yang sedang dibahas mereka hanya bertujuan untuk mendapatkan inbound link. Apa efek negatif jika terdapat komentar-komentar seperti itu? Reputasi website toko online Anda menjadi buruk, paling tidak buruk dimata pemilik website toko online yang Anda spam.

Bagi pemilik website toko online, ada baiknya jika Anda menggunakan facebook comment system. Selain cara tersebut apat meningkatkan engagement di Alexa, facebook comment juga dapat menghindarkan outbond link secara berlebihan pada website toko online Anda.

Membeli BackLink

Banyak pemain toko online yang berkeinginan untuk mendapatkan backlink, maka terkadang membeli link melalui jasa backlink. Namun kita harus hati-hati untuk melakukan hal ini karena kita justru bisa membuat spam dengan link tersebut dan hal ini paling tidak disukai oleh Google.

Terlalu Banyak Internal Link

Internal link adalah url yang ditanam didalam artikel atau sebuah postingan dengan tujuan untuk memberikan rujukan pada artikel yang lain dan masih berada di dalam satu website. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat value halaman yang diberikan link sehingga akan mempercepat untuk eksis dihalaman pertama Google.

Satu hal yang harus menjadi perhatian adalah kita tidak boleh berlebihan dalam menamam link. Jangan sembarang menanam link apalagi yang tidak ada kaitannya dengan topik artikel yang dibahas karena bisa saja justru merusak SEO anda. Oleh karena itu berhati-hatilah apabila pekerjaan optimasi website anda menjadi sia-sia dan sulit untuk berada di halaman pertama Google. Dengan kesalahan-kesalahan dalam optimasi website bisa jadi anda tak bisa menghasilkan apapun sesuai target.

Sebaiknya bagi anda yang mengoptimasi SEO toko online haus diiringi dengan sesekali beriklan di Google Adwords agar mendapatkan kredibilitas dimata user.
Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *