Cara Promosi Dengan Blog Gratisan

 Cara Promosi Dengan Blog Gratisan

Cara Promosi Dengan Blog Gratisan

Jika anda seorang pebisnis pemula atau mau mencoba bisnis online namun dana terbatas bisa mencoba untuk memulai dengan membuat blog gratisan. Apa ada blog gratis? Ada dan sangat banyak. namun dari sekian penyedia jasa blog gratisan, yang paling populer digunakan adalah blogger.com dan wordpress.com.

Kedua blog tersebut bisa digunakan untuk promosi secara sederhana namun bisa efektif untuk mendongkrak penjualan. Lalu bagaimana strategi/ cara promosi dengan blog gratisan? Berikut  caranya.

  1. Membuat Artikel Seputar Produk

Semisal saja anda mau berjualan madu. Maka anda bisa memulai dengan membuat penawaran. Anda bisa membuat artikel berupa deskripsi tentang produk Madu Tersebut dengan detail. Anda bisa memberikan gambar-gambar produk Madu tersebut. Bahkan anda bisa memasukan testimoni dari penjual. semua itu bisa dirangkum menjadi paragraf yang bagus. Kemudian anda bisa menshare postingan anda ke publik seperti di jejaring sosial.

2. Memasang Banner

Banner ini biasanya dan  paling enak di pandang oleh pengunjung terletak pada bawah header blog. Selain itu juga terdapat di sidebar dan pada bagian dalam artikel post baik di awal maupun di akhir postingan. Ruang ini bisa untuk promosi produk kita sehingga ketika orang membaca artikel kita, mereka otomatis juga akan melihat banner yang sudah kita pasang. Dan kemudian mereka tertarik untuk klik banner tersebut. Jadilah mereka bisa membaca info jualan kita.

3. Promosi Blog di Sosial Media

Selain kedua cara yang di atas, maka sebaiknya pula kita mempunyai akun jejaring sosial. Akun jejaring sosial ini untuk mempromosikan produk-produk kita. Namun kita juga harus tahu terlebih dahulu etika promosi di sosmed karena jika tak mempunyai strategi yang jitu dan menarik, maka justru kita tidak mendapatkan apapun dari promosi yang telah kita lakukan.

Terkadang karena tidak mengetahui etika dalam promosi di sosmed justru kita kehilangan kepercayaan, kehilangan teman dan follower misalnya karena aksi spamming. Melakukan promosi secara terus menerus juga akan mengakibatkan kebosanan bagi teman akun sosmed kita. Jadi perlu strategi dan teknik khusus untuk promosi di sosmed.

Jejaring sosial yang saat ini paling efektif untuk promosi yaitu jejaring sosial facebook, twitter, Google plus hingga instagram. Ada juga yang melakukan promosi dengan melalui aplikasi chating seperti BBM, Whatsapp, LINE dan masih banyak lagi.  Semua itu mempunyai karakteristik sendiri-sendiri, dan oleh karena itu kita wajib mempelajari lebih dalam bagaimana cara promosi di sosial media.

Kelemahan Promosi Di Blog

Namun meskipun blog bisa didapat dengan gratis, namun ada beberapa kelemahan jika digunakan untuk promosi produk. Salah satu kelemahannya adalah blog gratisan kurang dipercayai oleh pengguna internet jika mau mau bertransaksi di internet yang infonya didapat dari blog gratisan. Orang lebih memilih toko online dengan domain premium seperti .com atau .co.id  atau marketplace yang populer di indonesia dengan sistem escrow. Jadi jelas transaksi lebih aman dan menyenangkan.

 Tapi blog gratisan ini bisa kita jadikan sebagai blog pendukung untuk mendapatkan traffik. Sehingga ketika menampilkan jualan kita bisa menaruh link dan mengarahkan pada link jualan di marketplace. Sehingga dengan cara ini, blog kita bisa dipecaya oleh pengguna yang ingin bertransaksi dengan kita. 

Nah, itulah salah satu cara memanfaatkan blog untuk berjualan dan bagaimana cara promosi dengan blog gratisan. Strategi ini juga banyak dijalani oleh para pebisnis online untuk menghasilkan uang dari blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *